Bulan januari sering disebut juga hujan sehari-hari, bulan yang ditandai dengan hujan terus menerus. Pagi, siang sampai malam hari hujan turun sak wayah-wayah ndak kenal lelah.

Kalau sudah begini paling mantep cuma glundang-glundung seperti juragan semangka. Kondisi seperti  ini memang sering membuat manusia menjadi kurang semangat, mau berangkat kerja, mau sekolah, mau belanja dan lain-lainnya yang hubunganya dengan keluar rumah pasti ada alasan untuk menunda sementara.

Padahal ada payung, mantrol atau godhong gedhang yang dapat digunakan untuk melindungi dari air hujan, kita (manusia) bukan Gatotkaca dalam tokoh wayang yang katanya otot kawat balung wesi dimana itu semua material besi yang bisa berkarat bila terkena air ataupun bukan diciptakan dari garam yang bisa larut. Kenapa harus takut?
Namun jika kondisi kurang fit memang bisa menimbulkan pusing, gebras gebres, dan meriang.

Tetapi semangat yang ada harus selalu ditumbuhkan, dijaga dan selalu dipelihara disegala situasi kondisi. Mau hujan lebat, hujan tekek, mendung atau panas ngenthang ngenthang sekalipun, semangat untuk beraktivitas harus terus dinyalakan karena hujan itu memang rejeki yang diturunkan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk kita semua.

ditulis sambil lari-lari kecil keluar rumah karena ada gempa

Iklan