image

Ini adalah kata dari kutipan status facebook teman Sa beberapa waktu lalu. Kejadian ini banyak dijumpai di masyarakat, bahwa yang dilihat orang lain belum tentu benar. Orang yang tidak mempunyai pekerjaan belum tentu tidak punya uang, dan orang yang bekerja siang malam belum tentu juga tidak punya hutang.

Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda, mungkin yang tidak a/ belum bekerja masih mempunyai tabungan dan kebutuhan sehari-hari tidak banyak begitu pula yang bekerja siang malam mempunyai kebutuhan sehari-hari sangat banyak sehingga gaji yang diperoleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehingga orang itu berhutang kepada orang lain.
Sa juga teringat salah satu lirik lagu NGAMEN 2 “sak sugih, sugih e uwong mesti ono mlarat e. Sak mlarat, mlarat e uwong mesti ono celengane”.
Artinya orang yang kaya raya pasti juga mempunyai kekurangan dan orang yang miskin juga masih punya tabungan, jadi keadaan orang lain yang sebenarnya hanya mereka yang merasakan dan menjalani.

Sebagai mahkluk sosial kita dituntut untuk bersikap saling menghormati kepada sesama, dan jangan menghina keadaan orang lain baik secara langsung a/ tidak langsung.

View on Path

Iklan