Kemaren 16 November 2013 adalah hari ngejazz sejogja. Bisa dikatakan hari ngejazz sejogja karena kemaren diadakan event tahunan ngayogjazz, dimana para seniman tradisional, musisi berbagai komunitas jazz di Indonesia, para musisi kondang tanah air dan musisi maca negara main dalam satu event dari pagi sampai malam yang bertempat di Yogyakarta.

Tahun ini adalah perayaan ngayogjazz yang ke-7 bertempat di desa wisata Sidoakur, Sidokerto, Godean, Sleman. Tahun ini adalah kali pertama sa mengikuti event tahunan ini, bearti sa ketinggalan 6 episode ngayogjazz. 😦

Sebenarnya sa juga ndak banyak tau tentang musik berirama jazz, tapi daripada blah bloh dirumah ndak jelas mending mengikuti acara yang diadakan cuma satu kali dalam setahun ini.

Sa datang kesana siang, karena malemnya ada acara lain dikampung. Kalo lihat jadwal acara mulai dari pukul 9.00-22.00, sa dari rumah pukul 10an sampai TKP ternyata udah lumayan banyak pengunjung.

Muter-muter kampung yang lumayan luas cari dimana panggung didirikan, terdapat 5 panggung yang tempatnya tersebar disudut-sudut kampung. Nama panggungnya cukup unik ada panggung kesenian tradisional, panggung sayuk rukun, panggung wawuh, panggung srawung, dan panggung guyub.
Dimana panggung sayuk rukun adalah panggung utama, tempat pembukaan ngayogjazz 2013.

Selain panggung-panggung juga disana ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung diantaranya MCK/toilet yang ada pada rumah-rumah penduduk, pos kesehatan P3K, warung makan minum yang dikelola oleh warga, tempat ibadah, dan tempat ngecarge hp.

Karena waktu masih menjelang siang, semua panggung masih pada cek sound, vendor audio setiap panggung lain ada dari Madflash loudspeaker das aero 12a, Fokus dynacord xa 2, Thunder coda rx 40, Kalasan jbl srx.
Sa melihat mas tebleh di panggung sayuk rukun yang sedang mengotak atik mixer audio milik Madflash, dan crew dari pamityang2an qwerty radio juga sedang mempersiapkan untuk live streaming ngayogjazz.

Jadi selain menonton musik jazz sa juga tambah pengalaman. Tentang perangkat sound sistem profesional dan cara siaran radio streaming milik pamityang2an qwerty radio.

image
Salah satu penampakan panggung ngayogjazz.

Iklan